6 Feb 2011

Calendar

Tahukah kamu siapa yang pertama kali menemukan ide untuk membuat kalender? Dan seperti apakah asal mulanya kalender sampai dengan yang kita gunakan saat ini? Check this out guys!

Kalender a.k.a almanak, a.k.a tanggalan merupakan suatu sistem yang disepakati untuk dijadikan pedoman dalam menentukan periode waktu (hari, bulan dan tahun). Pada jaman dahulu, kalender sangatlah dipengaruhi oleh lokasi geografis orang yang membuatnya.

Di negara-negara yang memiliki musim dingin, konsep tahun ditentukan oleh musim, sedangkan di negara hangat, bulanlah yang menjadi dasar perhitungannya. Ada beberapa kalender yang pernah (dan masih) digunakan sebagai perhitungan waktu, misalnya saja :

Lunar Calendar
Bangsa Cina, Babilon, Yunani, dan juga Yahudi serta kemudian menyusul bangsa Arab, menggunakan sistem perhitungan kalender yang satu ini, yaitu berdasarkan pergerakan bulan (lunar).

Dalam lunar calendar, periodenya adalah 19 tahun, dimana 7 dari 19 tahun memiliki 13 bulan.

Egyptian Calender
Orang-orang Mesir kuno menggunakan kalender dengan 12 bulan dengan masing-masing bulan berjumlah 30 hari. Total hari dalam setahunnya adalah 360 hari. Sekitar abad 4000 SM mereka menambahkan lima hari tambahan pada akhir setiap tahun, untuk membuatnya lebih sejalan dengan kalender solar.
Kelima hari tambahan ini dijadikan hari perayaan, karena dianggap sial untuk bekerja selama waktu itu.

Gregorian Calender

 Pada abad ke-15 kalender Julian telah melayang di belakang kalender solar sekitar seminggu, sehingga Paus Siktus IV memutuskan untuk mengubah sistem kalender yang ada. Namun perubahan kalender baru terjadi pada masa Paus Paulus ke III, di tahun 1545.
Sebagian besar perhitungan matematika dan astronomi dilakukan oleh Pastor Christopher Clavius, SJ. Pada hari kamis 4 oktober 1582, diperintahkan oleh Paus Gregorius XIII, menjadi hari terakhir dari kalender julian. Hari berikutnya adalah jumat 15 oktober. Untuk akurasi jangka panjang, formula yang disarankan oleh pustakawan Vatikan Aloysius Giglio diadopsi :

Setiap tahun keempat adalah tahun kabisat, kecuali itu adalah tahun abad seperti 1700 atau 1800. Century tahun bisa tahun kabisat ketika mereka habis di bagi 400 (misalnya, 1600 dan 2000). Aturan ini menghilangkan tiga tahun kabisat dalam 4 abad, membuat kalender cukup akurat.

Julian Calendar
 Orang Roma percaya dengan banyak takhayul, bahkan angka pun terkadang membawa nasib buruk bagi mereka. Oleh karena itu jumlah hari dalam bulan mereka 29 atau 31 hari yang panjang, dengan pengecualian bulan Februari, yang memiliki 28 hari. Jadi ada 4 bulan dengan 31 hari, 7 bulan 29 hari dan satu bulan 28 hari, sehingga total hari dalam setahun menjadi 355 hari.

Oleh sebab itu sebuah bulan tambahan yang disebut Mercedonius terdiri dari 22 atau 23 hari, ditambahkan setiap tahun kedua.

Tidak ada komentar: